10/10/17

Mesin Laser Cutting: Alat Potong Berteknologi Tinggi untuk Bisnis Anda

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis, seorang pengusaha haruslah membekali dirinya dengan pengetahuan yang cukup dan strategi bisnis yang baik. Namun selain itu, keberadaan alat produksi berkualitas juga turut mempengaruhi jalannya suatu bisnis. Itulah yang membuat urgency dalam memilih mesin yang tepat begitu tinggi.
Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui seluk beluk tentang mesin laser cutting. Berbagai hal tentang mesin ini mulai dari pengertian hingga peluang bisnis mesin laser cutting akan dibahas secara lengkap. Melalui artikel ini, Anda juga bisa mengetahui kelebihan dari masing-masing mesin yang ada.
Setelah Anda membaca artikel ini, Anda akan bisa melihat mesin laser cutting mana yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Anda juga bisa memperoleh informasi lengkap mengenai produk-produk mesin laser cutting yang ada di asdzuliprint.com.
Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap ataupun untuk melakukan pemesanan.

Apa itu Mesin Laser Cutting?

Mesin Laser Cutting Bodor-BCL-1309-XM

Mesin laser cutting adalah mesin yang didesain khusus untuk memotong material-material yang sangat keras yang umumnya sulit dipotong dengan mata pisau. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengukir di atas bidang datar yang keras seperti lempengan besi.
Sebenarnya mesin cutting laser tampak sangat mirip dengan mesin grafir. Hanya saja mesin ini secara spesifik menggunakan teknologi laser untuk memotong maupun mengukir. Dengan mesin ini, proses memotong material keras seperti besi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.
Mesin laser cutting menggunakan teknologi laser untuk memotong dan mengukir. Hasil potongan dan ukiran mesin ini juga jauh lebih presisi jika dibandingkan dengan mesin potong mekanik.
Potongannya yang rapi tentunya sangat membantu dalam mempersingkat proses produksi. Berkat potongan yang rapi, proses finishing dapat dilakukan dengan lebih cepat.
Mesin laser cutting ini biasanya memang digunakan di industri manufaktur. Akan tetapi kini telah tersedia mesin laser cutting berkuruan lebih kecil yang bisa digunakan untuk menunjang bisnis skala kecil menengah atau bahkan para hobbyist.

Jenis Bahan yang Bisa Dipotong dengan Mesin Laser Cutting

Mesin laser cutting dapat digunakan untuk memotong dan mengukir beragam material yang memiliki tekstur sangat keras. Material yang biasa dipotong dengan mesin ini antara lain material-material seperti besi ataupun stainless steel.
Material lain yang juga bisa dipotong dengan mesin laser cutting adalah aluminium, titaniumepoxy, plywood, lilin, plastik, akrilik, kayu, karton, kertas, kulit, MDF, metal, taksboard dan kain. Semua material tersebut dapat dipotong dan diukir dengan mesin ini secara presisi dan rapi.

Tipe Mesin Laser Cutting Berdasarkan Teknologi Laser yang Digunakan

Ada 3 tipe mesin laser cutting yang biasa digunakan di industri manufaktur. Ketiga tipe tersebut antara lain CO2 laser, neodymium laser (Nd) dan neodymium yttrium aluminium garnet (Nd-YAG).
Perbedaan antara ketiga mesin tersebut terletak pada teknologi laser yang digunakan dan kegunaannya. Namun untuk usaha kecil menengah, umumnya tipe mesin yang digunakan adalah mesin laser cutting CO2. Berikut ini penjelasan mengenai ketiga tipe tersebut.

Mesin Laser Cutting CO2

Mesin laser cutting CO2 adalah mesin potong berteknologi laser yang paling umum dijumpai. Biasanya mesin ini digunakan untuk memotong, melubangi ataupun mengukir material-material yang sangat keras.
Varian dari mesin laser CO2 sendiri juga cukup beragam. Beberapa varian yang paling umum diantaranya adalah slow axial flow, fast axial flow, transverse flow dan slab. Selain untuk memotong, mesin laser cutting ini juga dapat digunakan untuk mengelas.

Mesin Laser Cutting Neodymium (Nd)

Pada dasarnya, mesin laser cutting yang satu ini memang tidak sepopuler laser CO2. Namun mesin cutting ini dapat digunakan untuk mengukir material-material keras sehingga terlihat lebih menarik. Karena itulah mesin laser cutting tipe ini sangat identik dengan style dan differ only application.
Meski identik dengan style, mesin laser cutting ini tetap bisa digunakan untuk memotong material berbahan logam ataupun keramik. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengelas dan mengukir logam.

Mesin Laser Cutting Neodymium Yttrium Aluminium Garnet (Nd-YAG)

Tipe mesin laser cutting yang satu ini memang sangat mirip dengan neodymium laser (Nd). Hanya saja di sini ada penambahan unsur yttrium aluminium garnet (YAG) pada media penguatan lasernya.
Kemampuan mesin laser cutting ini secara umum tidak berbeda jauh dengan neodymium laser (Nd). Mesin ini juga mampu memotong banyak material logam dan keramik.

Tipe-Tipe Mesin Laser Cutting Berdasarkan Merk

Mesin laser cutting juga dapat diklasifikasikan berdasarkan merknya. Ada banyak merk mesin laser yang saat ini beredar di pasaran. Mari kita bahas satu per satu.

Mesin Laser Cutting Bodor BCL 0605 MU

BCL-0605-MU-Slide

Mesin Laser Cutting Bodor BCL-0605-MU
Merk dan tipe pertama yang akan kami bahas adalah Bodor BCL 0605 MU. Saat ini, untuk mesin laser cutting, lapakrazi.com memang lebih fokus pada merk Bodor. Permintaan untuk merk ini cukup tinggi dibandingkan merk lain. Kualitas mesin ini bisa dibilang cukup OK. Fisiknya jelas terlihat elegen, tidak berkesan mesin murah.
Memang harga sedikit di atas merk lain, namun dibandingkan dengan kualitas yang akan Anda peroleh, penambahan sedikit uang saya rasa bukan masalah.
Baik., mesin laser cutting Boor BCL 0605 MU memiliki area cutting yang lebih kecil dibanginkan tipe yang lain. Area cuttingnnya sebesar 60×50 cm. Saya rasa tidak terlalu kecil juga jika produk yang akan Anda potong memang berukuran kecil.
Mesin ini bisa digunakan untuk memotong dan mengukir bahan seperti karton, kulit, MDF, akrilik, dan bahan lainnya selain bahan metal.
Hasilnya potongannya cukup rapi. Proses pemotonganya juga cukup cepat.
Untuk harga, mesin ini sudah bisa Anda bawa pulang dengan harga Rp. 85 Juta saja.

Mesin Laser Cutting Bodor BCL 1309 XU

Mesin-cutting-laser-Bodor-BCL-1309-XU

Mesin-cutting-laser-Bodor-BCL-1309-XU 2
Selain tipe BCL 0605 MU, Bodor juga memilik tipe mesin laser cutting yang lebih lebar. Lebarnya mencapai 130×90 cm. Cukup lebar bukan? Mesin tipe ini bisa Anda angkut dengan harga Rp 115 Juta saja.

Mesin Laser Cutting Bodor BCL 1309 XM

Mesin Laser Cutting Bodor-BCL-1309-XM

Mesin Laser Cutting Bodor-BCL-1309-XM
Untuk jenis ini, area cuttingnya sama dengan jenis BCL 1309 XU yaitu 130×90 cm, namun memiliki beberapa kelebihan lain. Salah satu kelebihan yang membedakan dari kedua tipe di atas adalah bisa memotong bahan METAL dengan hasil yang rapi dan presisi.
Dengan satu mesin, bisa potong bahan metal juga bahan non metal. Untuk harga, mesin ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp 190 Juta.
Bisa dibilang, ini adalah produk paling laku di pasar Indonesia untuk saat ini. ðŸ™‚

Mesin Laser Cutting Bodor BCL 1325 BM

Mesin Laser Cutting Bodor-BCL-BM

Mesin Laser Cutting Bodor-BCL-BM
Memiliki power sebesar 150 watt, mesin ini bisa memotong bahan metal dan non metal dengan cepat dan presisi. Area cuttingnya cukup lebar, yaitu 122x245cm. Anda yang ingin memproduksi barang-barang berukuran besar saat dianjurkan menggunakan mesin ini. Harga Mesin laser cutting Bodor BCL 1325 BM hanya Rp 250 Juta untuk saat ini. Harga bisa berubah suatu waktu tanpa pemberitahuan.

Mesin Laser Cutting GCC

GCC bukanlah merk baru di dunia bisnis. Merk ini telah memproduksi beragam mesin produksi termasuk mesin cutting sticker dan mesin grafir. Meski hadir sebagai merk asal Taiwan, kualitas produk dari produsen yang satu ini cukup bisa diandalkan.
Saat ini brand GCC memang belum begitu populer. Popularitasnya masih terhambat oleh reputasinya yang masih belum cukup mapan. Namun jika Anda memiliki keterbatasan dana, produk-produk GCC bisa menjadi pilihan yang tepat. Berikut ini beberapa mesin laser cutting GCC yang tersedia di lapakrazi.com.

Mesin Laser Cutting GCC X252

Mesin produksi GCC memang dikenal sebagai produk dengan harga yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan merk-merk asal Jepang atau Amerika, selisih harganya cukup jauh. Begitu pula dengan mesin laser cutting GCC X252. Bisa dibilang ini adalah pilihan ekonomis bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana.
Kelebihan mesin laser cutting GCC X252 antara lain:
  1. Hasil potongan dan ukiran cukup rapi dan akurat
  2. Bidang kerja yang cukup luas (635 x 458 mm)
  3. Control panel yang user friendly dan memudahkan dalam pengoperasian mesin
  4. Harga yang relatif terjangkau
Sebagai merk Taiwan, mesin laser cutting GCC X252 memang memiliki kelemahan klasik ala merk-merk Taiwan atau China pada umumnya, yakni kualitas barang yang relatif lebih rentan rusak. Karena itu perawatan yang baik mutlak dibutuhkan.

Mesin Laser Cutting GCC X380

Kualitas dan harga tentu selalu menjadi perhatian para pengusaha dalam memilih mesin produksinya. GCC X380mungkin bukan produk mesin laser cutting paling ideal di Indonesia. Meski demikian, produk ini sangat layak untuk dipertimbangkan.
Selain hadir dengan desain yang cukup menarik, mesin laser cutting GCC ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik seperti control panel yang user friendly dan programmable origin.
Berikut ini beberapa kelebihan lain dari mesin laser cutting GCC X380:
  1. Hasil potongan yang rapi dan berkualitas
  2. Desain body yang kokoh
  3. Control panel yang user friendly dan mudah digunakan
  4. Bidang kerja yang luas (960 x 610 mm)
  5. Harga yang relatif terjangkau
Sebagai sebuah mesin produksi, GCC X380 memang sangat bisa diandalkan. Namun jika berbicara mengenai reputasi, mesin ini memang masih kalah premium. Masih banyak juga yang meragukan kualitasnya.
Jika berbicara mengenai kelemahan produk GCC, mungkin inilah kekurangan terbesar dari mesin produksi yang satu ini. But overall, ketahanan produk ini juga tergantung dari perawatan yang diberikan.

Cara Menggunakan Mesin Laser Cutting

Jika Anda pernah menggunakan mesin grafir atau mesin engraving, Anda mungkin tidak akan merasa terlalu asing dengan control panel mesin laser cutting.
Cara menggunakan mesin ini cukup mirip dengan mesin grafir. Sebelum menggunakan mesin laser cutting, hubungkan mesin ke sumber tegangan listrik terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan stabilizer dan UPS untuk melindungi mesin dari tegangan yang tidak stabil dan mati listrik yang bisa terjadi sewaktu-waktu.
Setelah semua persiapan selesai dilakukan, Anda bisa mulai menyalakan mesin laser cutting dengan menekan tombol power. Setup mesin dan posisikan material yang ingin dipotong pada posisi yang tepat. Setelah semuanya siap, Anda bisa memulai proses produksi.

Tips Merawat Mesin Laser Cutting

Merawat mesin laser cutting sebenarnya tidak begitu sulit. Anda bisa memberikan perawatan dasar untuk menjaganya agar tetap beroperasi dengan baik.
Membersihkan mesin secara rutin, terlebih setelah selesai digunakan akan menjaga mesin dari kotoran yang menghambat kinerja mesin laser cutting. Jangan meremehkan kotoran. Debu dan kotoran yang menumpuk dalam jangka waktu yang lama bisa merusak komponen mesin laser cutting.
Beberapa bagian penting yang harus dijaga kebersihannya adalah focus lens dan reflection lens. Kedua komponen tersebut harus rutin dibersihkan, terlebih setelah mesin digunakan untuk memotong material berbahan karet. Anda bisa menggunakan cotton stick yang telah dilumuri alcohol untuk membersihkan bagian-bagian tersebut.
Perhatikan tegangan listrik yang masuk ke dalam mesin. Jaga agar tegangan tersebut stabil dan sesuai dengan spesifikasi mesin. Stabilizer akan sangat membantu untuk mengatasi permasalahan ini.
Untuk menjaga mesin agar tidak langsung mati saat terjadi mati listrik mendadak, Anda bisa menggunakan UPS. Perlu diketahui, listrik yang tiba-tiba terputus bisa merusak komponen yang ada di dalam mesin laser cutting.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Laser Cutting?

Mesin laser cutting sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari mesin potong mekanik. Perbedaan yang mendasar pada mesin ini adalah teknologi yang digunakan untuk memotong.
Prinsip kerja mesin ini adalah memotong dengan menggunakan laser. Tidak hanya memotong saja, mesin laser cutting juga mampu mengukir di atas media yang Anda inginkan. Di dalam mesin ini, ada beberapa komponen kunci yang meliputi laser resonatorbeam benderfocusing lens dan laser beam.
Laser resonator berfungsi untuk menghasilkan sinar laser. Pada tahap ini, laser masih belum dikuatkan dan belum bisa digunakan untuk memotong apapun. Sinar laser ini kemudian dikuatkan melalui serangkaian proses yang melibatkan komponen-komponen seperti focusing lens dan laser beam.
Laser yang ditembakkan oleh laser beam inilah yang merupakan sinar laser yang sudah dikuatkan dan bersuhu tinggi yang mampu melelehkan permukaan material. Sinar laser ini jugalah yang nantinya digunakan untuk memotong berbagai macam material dengan cara melelehkan area yang menjadi target.

Metode Pemotongan Mesin Laser Cutting

Material yang berbeda membutuhkan metode pemotongan yang berbeda pula. Mesin laser cutting memiliki beberapa metode untuk memotong. Beberapa diantaranya adalah vaporization cutting, melt and blow, thermal stress cracking, stealth dicing of silicon wafers dan reactive cutting.
Pada vaporization cutting, mesin laser cutting akan memanaskan permukaan material sehingga terciptalah lubang. Sedangkan pada metode melt and blow, mesin bekerja dengan memanaskan permukaan material yang akan dipotong dan menembakkan gas bertekanan tinggi untuk memotongnya.
Metode thermal stress cracking biasa digunakan untuk memotong material-material yang rapuh dengan memfokuskan laser ke titik tertentu untuk menciptakan retakan. Sedangkan pada metode reactive cutting, proses pemotongan yang terjadi mirip pada oxygen torch cutting namun dengan menggunakan laser beam sebagai sumber pengapiannya.

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mesin Laser Cutting?

Mesin laser cutting adalah mesin produksi yang powerful. Ini adalah mesin investasi jangka panjang. Mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan tentu harus dilakukan demi mendapatkan manfaat yang maksimal. Dengan demikian, omzet yang bisa dihasilkan dari mesin tersebut juga akan jauh lebih optimal.
Ada beragam mesin laser cutting yang tersedia di pasaran. Namun untuk menemukan pilihan yang tepat, coba tanyakan beberapa hal ini kepada diri Anda.
Akan Anda gunakan untuk apa mesin laser cutting yang Anda beli? Mesin laser dapat digunakan untuk memotong ataupun mengukir material-material logam, kayu hingga keramik. Namun Anda juga harus tahu secara spesifik pekerjaan apa yang akan sering dikerjakan dengan mesin ini.
Model bisnis apa yang Anda geluti? Jenis bisnis dan produk yang ingin dihasilkan juga menentukan pilihan mesin laser cutting.
Berapa kapasitas produksi yang ingin dicapai? Setiap tipe mesin laser cutting memiliki spesifikasi dan kapasitasnya masing-masing. Untuk itu, selalu perhatikan spesifikasi produk sebelum mengambil keputusan.
Produk mana yang memiliki layanan purna jual terbaik? Layanan purna jual menjadi isu penting dalam memilih mesin produksi. Bagaimanapun juga, mesin produksi akan selalu digunakan untuk memproduksi barang.
Dengan layanan purna jual yang baik, Anda sudah memiliki jaminan pelayanan jika nanti mesin yang Anda beli mengalami masalah. Layanan purna jual yang baik juga bisa ditandai dengan banyaknya service center produk tersebut.
Berapa dana yang Anda miliki? Dana selalu menjadi pertimbangan fundamental dalam memilih mesin produksi. Untuk yang satu ini, sebaiknya pilih mesin yang sesuai dengan dana dan kebutuhan Anda.
Bagaimana dengan kredibilitas agen penjual mesin laser cutting? Kredibilitas penjual merupakan indikator penting dalam menilai kualitas produk yang ditawarkan, kemudahan memperoleh layanan purna jual dan harga yang kompetitif.
Lapakrazi.com selalu berkomitmen untuk memberikan produk berkualitas yang didukung dengan layanan purna jual yang prima.

Kelebihan Mesin Laser Cutting Dibandingkan Mesin Potong Mekanik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin laser cutting, mungkin Anda bertanya-tanya. Apa kelebihan yang bisa ditawarkan oleh mesin laser cutting? Untuk apa saya membeli mesin tersebut?
Mesin laser cutting merupakan pengembangan dari mesin potong mekanik dan teknik potong manual. Dengan menggunakan teknologi laser, mesin laser cutting dapat memotong material logam ataupun material lain dengan sangat mudah.
Tidak hanya kemudahan dalam memotong material berbahan keras, mesin ini juga mempersingkat proses potong secara signifikan. Hal ini tentu memberi dampak yang cukup besar dalam efektivitas proses produksi.
Dengan mesin laser cutting, bisnis Anda akan menjadi lebih produktif dan nilai kompetitif Anda pun meningkat tajam. Anda bisa membayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari situ.

Peluang Usaha Mesin Laser Cutting

Mesin laser cutting bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Memilikinya sama seperti memiliki mesin uang yang akan terus memberikan keuntungan. Peluang yang ada pada bisnis mesin laser cutting kini juga terbuka lebar.
Salah satu peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan mesin laser cutting adalah bisnis jasa laser engrave. Selain itu, Anda juga bisa memproduksi souvenir dan menjualnya dengan brand Anda sendiri. Anda juga bisa menerima pesanan untuk memproduksi souvenir.
Bisnis jasa pemotongan adalah contoh lain dari bisnis yang bisa digeluti dengan mesin laser cutting. Keuntungan yang dapat dihasilkan dari bisnis ini cukup menggiurkan. Bahkan keuntungannya jauh lebih besar dari jasa pemotongan yang masih menggunakan mesin potong mekanik.
Selain bisnis yang telah dijelaskan di atas, bisnis lain yang bisa digeluti dengan bermodalkan mesin laser cutting adalah bisnis merchandise. Anda bisa menerima pesanan berupa custom design dan memproduksi produk ekslusif untuk pihak pemesan.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Bisnis Mesin Laser Cutting?

Bisnis laser cutting adalah bisnis jangka panjang yang baru mulai menghasilkan keuntungan setelah periode minimal 1 tahun. Ini juga tergantung dari strategi bisnis yang diterapkan. Untuk itu, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal terkait dengan persiapan membangun bisnis.
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis mesin laser cutting adalah mesin laser cutting itu sendiri. Mesin produksi yang berkualitas adalah jaminan produk berkualitas. Namun mesin laser cutting hendaknya juga dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Bisnis yang akan digeluti dan kapasitas produksi juga harus menjadi bahan pertimbangan. Perhatikan spesifikasi produk untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Dan satu hal yang tidak kalah penting adalah selalu pastikan untuk memilih mesin yang memang telah terbukti kualitasnya.
Aspek-aspek lain seperti listrik, ruang produksi, bahan baku dan sumber daya manusia juga menjadi aspek penting yang harus diperhatikan.
Semua unsur tersebut haruslah saling mendukung. Tanpa kolaborasi yang baik dari setiap komponen bisnis, bisnis yang produktif dan menguntungkan tidak mungkin bisa dibangun. Pilihlah selalu mesin laser cutting yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.
Lapakrazi.com adalah jawaban untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Kami selalu memberikan produk terbaik dengan harga yang kompetitif.

Harga Mesin Laser Cutting Murah di Lapakrazi.com

Saat ini, lapakrazi.com memiliki 2 varian laser cutting dari merk GCC. Kedua varian yang tersedia termasuk dalam pilihan ekonomis untuk para pengusaha kecil menengah.
Varian laser cutting GCC yang paling murah adalah GCC X282. Sedangkan untuk varian yang lebih powerful, kami menyediakan GCC X380 yang dibanderol dengan harga yang lebih mahal.
Jika Anda tertarik untuk mengetahui harga keduanya, Anda bisa menghubungi lapakrazi.com.

Lapakrazi.com, Pusat Jual Mesin Laser Cutting Terpercaya

Lapakrazi.com merupakan salah satu pusat jual mesin produksi kepercayaan para pengusaha. Kami hanya memberikan mesin produksi berkualitas dengan harga yang pantas.
Setiap produk yang tersedia di toko kami hadir dengan spesifikasi dan peruntukan yang spesifik. Untuk itu, pilihlah mesin produksi yang memang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Demi memberikan jaminan kualitas, setiap produk yang kami tawarkan juga telah dilengkapi dengan layanan purna jual yang prima.

Penutup

Demikian tadi beberapa tipe mesin laser cutting yang tersedia di lapakrazi.com. Untuk saat ini, kami memang hanya memiliki baru memiliki 2 jenis saja. Namun kedepannya, kami akan menambah koleksi produk mesin laser cutting kami demi memberikan pilihan yang lebih beragam kepada Anda.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar mesin laser cutting atau ingin memesan salah satu produk kami, jangan sungkan untuk menghubungi customer service kami.
Terimakasih dan kami tunggu kunjungan Anda ke lapak kami

No comments:

Post a Comment