10/10/17

Mesin Grafir: Alat Ukir Canggih Penunjang Kebutuhan Bisnis Anda

Kesuksesan dalam bisnis sangat dipengaruhi oleh strategi bisnis yang tepat dan alat produksi yang dapat diandalkan. Usaha untuk menemukan mesin inilah yang terkadang tidak berjalan mudah. Melalui artikel ini, kami akan menyuguhkan beberapa informasi penting yang dibuat khusus untuk membantu Anda dalam menemukan mesin grafir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Artikel ini juga berisi panduan tentang bagaimana memilih mesin grafir hingga tips perawatannya. Anda juga bisa memperoleh informasi spesifikasi lengkap mengenai produk-produk mesin grafir.

Apa itu Mesin Grafir?

Mesin grafir adalah mesin yang biasa digunakan untuk membuat pola ataupun ukiran pada benda-benda seperti kayu, besi, kulits, akrilik, plastik dan lainnya.
Mesin ini membuat proses pengukiran berjalan jauh lebih cepat. Dengan mesin ini, Anda bisa memproduksi produk-produk ukiran dengan lebih mudah. Tidak ada lagi proses produksi manual yang memakan waktu lama.
Umumnya, mesin grafir menggunakan teknologi laser untuk mengukir media ukir. Karena itu mesin ini juga cukup identik dengan mesin laser cutting.
Hasil ukiran mesin grafir dikenal lebih presisi jika dibandingkan dengan teknik grafir tradisional. Tidak hanya itu saja, mesin ini juga memungkinkan Anda untuk menentukan kedalaman ukiran demi memperoleh hasil yang sesuai dengan keinginan.

Jenis Bahan yang Bisa Diukir dengan Mesin Grafir

Mesin grafir modern dapat mengukir beragam media mulai dari kayu, besi, plastik, kulit, akrilik, dan masih banyak lagi. Namun tidak semua jenis mesin bisa mengukir di semua jenis bahan. Ada mesin grafir yang hanya bisa mengukir di bahan metal, ada juga yang hanya mengukir di bahan non metal.
Semua media yang biasa dijadikan sebagai media ukir dapat dijadikan media mesin grafir. Namun pada umumnya, mesin ini digunakan untuk memotong dan mengukir material yang terbuat dari akrilik dan pada permukaan yang rata.
Bahan lain yang bisa digunakan sebagai media mesin grafir adalah kaca, kulit, triplek, abs dan bambu.

Jenis-Jenis Mesin Grafir Berdasarkan Teknologi yang Digunakan

Saat ini ada beberapa macam jenis mesin grafir yang beredar di pasaran. Secara umum, mesin grafir tersebut dapat diklasifikasikan menjadi mesin grafir manual dan mesin grafir otomatis.
Perbedaan antara kedua jenis mesin grafir tersebut terletak pada proses pengukiran itu sendiri. Pada mesin grafir manual, proses yang berjalan masih menggunakan metode manual dan memakan waktu yang cukup lama. Jenis mesin yang satu ini juga lebih rentan akan kesalahan.
Akurasi adalah masalah yang biasa dialami oleh para pengrajin yang menggunakan mesin grafir manual. Meski demikian, produk-produk hasil dari proses pengukiran manual memiliki nilai seni yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang dibuat dengan mesin otomatis.
Mesin grafir otomatis adalah jenis mesin produksi yang cukup populer di kalangan pelaku usaha saat ini. Mesin ini memungkinkan Anda untuk membuat ukiran secara otomatis tanpa harus melalui serangkaian proses pengukiran manual yang panjang dan memakan waktu. Di sini, mesinlah yang akan mengambil alih proses pengukiran.
Teknologi yang biasa dipakai oleh mesin grafir otomatis biasanya teknologi laser. Kelebihan mesin ini dibandingkan dengan mesin grafir tradisional adalah akurasi, kecepatan dan kemudahan dalam mengukir. Karena itu, mesin grafir otomatis ini umumnya juga berharga lebih mahal.

Jenis-Jenis Mesin Grafir Berdasarkan Merk

Mesin Grafir Mini T320

grafir-mini-co2-3020
Cutting Grafir Mini T320 adalah alat untuk mengukit di bahan non metal seperti kertas, kayu, mdf, bambu, triplek, akrilik, dll. Mesin ini biasanya digunakan dalam usaha souvenir seperti gantungan kunci, akrilik, souvenir, plakat, dan lain sebagainya.
Keunggulan mesin ini tidak membutuhkan tempat yang luas, karena ukurannya sangat kecil, membutuhkan daya kurang lebih 300watt saja. Pengoperasionalannya bisa menggunakan corel draw.
Mesin ini sangat mudah digunakan. Pengerjaan ukiran dijalankan melalui software corel draw. Dayanya tidak besar, hanya sekitar 300 watt. Karena ukurannya yang mini, tentu tidak membutuhkan space yang besar.
Mesin grafir berukuran 30x20cm ini bisa Anda bawa pulang dengan harga Rp 16,8 juta.

Mesin Grafir KR530

grafir-dan-laser-cutting
Mesin Grafir KR530 memiliki area grafir yang lebih besar dibandingkan tipe T320. Area grafir KR530 sebesar 30 x 50cm. Anda bisa memproduksi produk-produk yang lebih besar. Harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan mesin grafir merk lain. Untuk area ukir segitu, Anda bisa membawa pulang dengan harga hanya 53 juta rupiah.

Mesin Grafir KR1410

Mesin Grafir KR1410 memiliki area grafir yang lebih besar dibandingkan tipe T320 dan KR530. Harganya pun  jauh lebih mahal dari keduanya yaitu sebesar Rp 105 juta.
Selain mesin grafir khusus, pengukiran juga bisa dilakukan dengan mesin laser cutting.

Mesin Grafir GCC

GCC adalah brand asal Taiwan yang telah menghasilkan beragam mesin produksi mulai dari mesin cutting stickerhingga mesin grafir. Untuk mesin grafirnya sendiri, mesin grafir produksi GCC cukup populer di kalangan pengusaha Indonesia.
Brand ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang kebutuhan bisnis Anda. Produk-produk dari GCC umumnya memang dinilai lebih mudah rusak dibandingkan dengan produk dari brand asal Jepang. Meski demikian, kualitas produknya tidaklah begitu mengecewakan.
Satu hal yang paling menarik dari mesin grafir GCC adalah banderol harganya yang cukup terjangkau. Secara kualitas, produk-produk Taiwan bisa disandingkan dengan produk-produk asal China. Berikut ini beberapa mesin grafir GCC yang tersedia di lapakrazi.com.

Mesin Grafir GCC C180II

GCC C180II adalah varian paling murah yang ada di lapakrazi.com. Meski masuk dalam kelas entry level, bukan berarti produk ini buruk dalam segi kualitas dan performa.
Desain produk yang kompak membuat mesin ini mudah ditempatkan di mana saja. Anda tidak membutuhkan ruang yang luas untuk meletakkan mesin ini. Ukuran bidang kerjanya masih masuk kategori standard. Karena itu, mesin grafir ini sangat cocok untuk mengukir media ukir yang berukuran kecil hingga menengah.
Kelebihan mesin grafir GCC C180II antara lain:
  1. Mampu memotong dengan potongan yang rapih
  2. Kedalaman ukiran yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan
  3. Desain yang menarik dan kompak
  4. Telah mendukung sistem operasi Microsoft Windows

Mesin Grafir GCC Spirit

GCC Spirit adalah varian mesin grafir yang lebih canggih dan inovatif yang tersedia di lapakrazi.com. Mesin ini menggunakan teknologi laser CO2 yang sama dengan saudaranya, GCC C180II. Namun dari sisi performa dan fitur, mesin ini masih jauh lebih unggul.
Kelebihan dari mesin grafir GCC Spirit diantaranya:
  1. Hasil potongan rapih
  2. Bidang kerja luas (640 mm x 460 mm) dan masih dapat diperluas lagi sampai 740 mm x 460 mm
  3. Kedalaman ukiran yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan
  4. Desain yang menarik dan kokoh
  5. Telah mendukung sistem operasi Microsoft Windows

Mesin Grafir Gravograph

Gravograph adalah salah satu produsen mesin gravir terbesar di dunia. Brand asal Amerika ini memang telah dikenal sebagai pemain besar di industri mesin grafir. Setiap produk yang dimilikinya telah terbukti kualitasnya. Reputasinya yang sudah mapan juga membuatnya menjadi salah satu brand yang cukup disegani dan menjadi salah satu pilihan ideal untuk para pelaku usaha.
Di Indonesia sendiri, memperoleh mesin produksi dengan brand Gravograph masih cukup sulit. Hal ini dikarenakan masih belum banyaknya agen yang menjual produk besutan brand asal Amerika ini. Namun sebagai informasi, berikut ini salah satu mesin grafir produksi Gravograph:

Mesin Grafir Gravograph LS100 Energy

Mesin grafir Gravograph LS100 Energy merupakan mesin grafir mini yang cocok untuk para pelaku usaha kecil menengah. Mesin ini ideal untuk mengukir produk-produk berukuran kecil seperti trophy, ukiran kayu atau kaca, signate berukuran kecil dan masih banyak lagi.
Kelebihan Gravograph LS100 ENERGY diantaranya:
  1. Hasil potongan rapih dan presisi
  2. Telah dilengkapi dengan sensor dan pointer untuk membantu pengguna dalam menempatkan media ukir
  3. Desain yang kompak, ergonomis dan tangguh
  4. Hemat energi

Mesin Grafir Roland

Jika berbicara tentang mesin produksi kualitas internasional, nama Roland pasti selalu ada dalam jajaran teratas. Di Indonesia sendiri, kekuatan brand Roland juga sangat kuat.
Produsen mesin produksi asal Jepang ini telah dikenal sebagai produsen penghasil mesin produksi kelas premium. Inilah yang membuat para pelaku usaha tertarik untuk meminangnya.
Kualitas produk yang tinggi ini memang harus ditebus dengan biaya yang tidak sedikit. Namun terlepas dari itu semua, mesin grafir Roland memang layak untuk dijadikan pertimbangan, khususnya untuk para pengusaha yang membutuhkan mesin grafir berkualitas.
Roland memiliki beberapa tipe mesin grafir. Salah satu diantaranya adalah:

Mesin Grafir Roland EGX-350

EGX-350 adalah varian menengah dari jajaran mesin grafir produksi Roland. Mesin ini tergolong sebagai mesin grafir otomatis yang memang didesain untuk memudahkan proses produksi.
Yang lebih menarik lagi, mesin produksi ini juga telah dilengkapi dengan fitur advanced surface detection yang semakin menyederhanakan proses setup. Mesin ini cocok untuk menjalankan bisnis merchandise skala kecil hingga menengah.
Kelebihan Roland EGX-350 antara lain:
  1. Hasil potongan sangat rapih dan presisi
  2. Mudah digunakan
  3. Telah dilengkapi dengan software dan tool untuk mengukir
  4. Desain produk yang sangat kokoh dan berkualitas

Mesin Grafir Redsail

Redsail, ini adalah brand mesin produksi asal China. Bagi sebagian besar orang, produk China memang identik dengan produk yang kurang berkualitas. Bahkan mungkin Anda juga berpikir kalau mesin grafir produksi Redsail sama kurang berkualitasnya dengan produk-produk made in China pada umumnya.
Tapi persepsi ini tidak bisa disamaratakan dan dijadikan tolak ukur untuk menilai mesin produksi asal China, begitu pula dengan mesin grafir pabrikan China yang satu ini.
Sebelumnya memang ada beberapa pengusaha yang awalnya meremehkan mesin grafir Redsail. Namun setelah mencobanya sendiri, persepsi yang mengatakan bahwa mesin produksi China itu jelek langsung hilang seketika. Bahkan kini mesin grafir Redsail menjadi pilihan alternatif bagi para pelaku usaha yang memiliki keterbatasan dana namun menginginkan produk yang cukup handal.
Redsail sendiri memiliki beberapa varian mesin grafir. Namun khusus untuk pasar Indonesia, tidak banyak mesin grafir produksi Redsail yang beredar di pasaran.

Mesin Grafir Redsail M-500

Redsail M-500, ini adalah mesin grafir produksi Redsail yang paling banyak ditemui di Indonesia. Mesin ini telah menggunakan teknologi laser untuk melakukan proses cutting maupun ukir. Yang lebih menarik lagi, M-500 mampu memotong akrilik setebal 10 mm.
Berikut ini beberapa kelebihan Redsail M-500:
  1. Hasil potongan dan ukiran cukup rapi dan presisi
  2. Telah mendukung aplikasi Corel DrawPhotoshop dan Autocad
  3. Harga yang relatif terjangkau
Kekurangan dari mesin grafir M-500 sebenarnya tidak berbeda jauh dengan apa yang biasa ditemui pada mesin-mesin produksi China pada umumnya, yakni daya tahan produknya yang relatif rendah. Perawatan yang baik adalah kunci untuk memperpanjang masa pakai mesin ini.

Mesin Grafir K-Ring

K-Ring merupakan brand asal China yang secara spesifik memproduksi mesin gravir. Di Indonesia sendiri, brand ini termasuk cukup populer. Namun sama seperti merk-merk asal China lainnya, mesin bubut K-Ring dikenal cukup rentan dan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.
Berikut ini salah satu mesin bubut K-Ring yang cukup populer di pasar Indonesia.

Mesin Grafir KR530

Jika Anda mencari mesin bubut yang cukup terjangkau, KR530 bisa dijadikan pilihan. Karena harganya yang termasuk murah yakni di kisaran Rp 53 juta, mesin ini sangat populer di kalangan para pelaku usaha. Hanya saja desain dari produk ini memang tampak kurang menarik.
Berikut ini beberapa kelebihan KR530:
  1. Hasil potongan dan ukiran cukup rapi dan presisi
  2. Harga yang cukup murah

Cara Menggunakan Mesin Grafir

Kualitas hasil ukiran mesin grafir sangat dipengaruhi dari cara Anda dalam menggunakannya. Begitu pula dengan masa pakai mesin tersebut.
Sebelum mulai menggunakan mesin grafir, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Pastikan apakah mesin tersebut telah terhubung dengan sumber tegangan listrik yang sesuai dengan spesifikasi.
Jangan lupa untuk menghubungkan mesin ke komputer. Setelah proses persiapan selesai, Anda bisa mulai menyalakan mesin dengan menekan tombol power dan memulai proses ukir.
Sebaiknya, mesin grafir digunakan sesuai dengan buku petunjuk. Penggunaan yang tidak sesuai dengan buku petunjuk sangat beresiko merusak mesin itu sendiri, tidak peduli seberapa bagus kualitas mesin tersebut.

Tips Merawat Mesin Grafir

Mesin grafir hendaknya diperlakukan layaknya sebuah produk investasi jangka panjang. Alat produksi ini mampu memberikan keuntungan secara terus-menerus selama Anda memberikan perawatan yang tepat.
Produktivitas mesin sangat bergantung pada kondisi mesin tersebut. Karena itu, sangat penting untuk menjaga produk investasi ini agar tetap beroperasi dengan baik.
Merawat mesin grafir memang gampang-gampang susah. Meski demikian, ada beberapa perawatan yang sangat fundamental namun kerap kali dilupakan. Perawatan tersebut adalah perawatan kebersihan.
Membersihkan mesin secara rutin, khususnya setelah selesai digunakan akan menjaga mesin dari debu ataupun kotoran lain yang bisa mengganggu performa mesin. Jangan lupa untuk membersihkan focus lens dan reflection lensdengan cotton stick yang telah dilumuri alcohol, terlebih setelah menggunakan mesin grafir untuk mengukir material berbahan karet atau semacamnya.
Jaga mesin agar mendapatkan tegangan lisrik yang sesuai. Stabilizer akan sangat membantu untuk mengatasi permasalahan ini.
Untuk menjaga mesin grafir dari pemadaman listrik mendadak, ada baiknya Anda memasang UPS. Tegangan listrik yang terputus secara tiba-tiba bisa berakibat fatal pada komponen elektronik yang ada di dalam mesin grafir.
Di dalam mesin grafir, ada beberapa komponen penting yang perlu diketahui. Komponen-komponen tersebut adalah laser tube, focus lens dan reflection lens. Masa pakai ketiga komponen tersebut akan terus berkurang seiring dengan semakin seringnya mesin grafir digunakan.
Pada musim dingin dan saat kelembaban udara tinggi, embun bisa masuk ke dalam laser tube. Karena itu usahakan untuk membuang air yang ada di dalam laser tube untuk memperpanjang masa pakai mesin grafir.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Grafir?

Mesin grafir sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari mesin ukir tradisional dan manual. Karena itu, prinsip kerja mesin ini masih mengadopsi mesin-mesin tersebut. Hanya saja mesin ini mampu mencetak secara otomatis dan jauh lebih cepat.
Cara kerja mesin grafir dapat dibagi menjadi 3 proses, mulai dari proses image creation atau pembuatan gambar, tracing pattern dan mengukir pola pada permukaan rata.
Proses image creation merupakan proses pembuatan pola pada komputer yang kemudian ditransfer ke mesin grafir. Setelah pola ditransfer ke mesin, laser akan mulai menjiplak pola tersebut. Setelah itu, barulah pola yang telah dibuat sebelumnya diukir ke atas media ukir.

Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mesin Grafir?

Memilih mesin grafir sama halnya dengan memilih produk investasi. Karena itu Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan. Hal pertama yang harus dipertimbangkan diantaranya adalah kapasitas produksi yang Anda inginkan.
Kapasitas produksi termasuk ukuran media ukir yang ingin Anda kerjakan akan menentukan pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Umumnya, semakin besar area kerja dan semakin besar kapasitas produksi mesin, semakin besar pula masalah yang bisa Anda atasi. Dengan kata lain, semakin besar pundi-pundi keuntungan yang dapat diperoleh.
Jenis teknologi yang digunakan oleh mesin grafir juga menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting. Setidaknya ada dua jenis teknologi yang biasa digunakan pada mesin grafir, yaitu rotary dan laser.
Mesin grafir rotary sangat cocok untuk memproduksi ukiran pada media 3D, sedangkan mesin grafir laser sangat efektif untuk menghasilkan karya bergaya printed.
Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam memilih mesin grafir adalah budget atau dana yang dimiliki. Jika Anda terbatas dalam hal budget, memilih mesin grafir yang lebih terjangkau bukanlah ide yang buruk.
Kredibilitas agen penjual mesin grafir juga harus menjadi bahan pertimbangan Anda. Setidaknya pastikan agen tersebut memiliki beragam koleksi produk lengkap dengan spare partnya. Layanan purna jual yang baik juga harus dijadikan pertimbangan dalam membeli mesin grafir.
Lapakrazi.com adalah pusat penjualan mesin produksi yang selalu berkomitmen untuk memberikan produk berkualitas dengan layanan purna jual yang prima.

Peluang Usaha dari Mesin Grafir

Memiliki mesin grafir sama seperti memiliki mesin penghasil uang sendiri. Banyak peluang bisnis yang berangkat dari mesin yang satu ini. Salah satu bisnis yang cocok dijalankan dengan mesin grafir adalah bisnis souvenir.
Dengan mesin ini, Anda bisa memproduksi souvenir dengan desain dan brand Anda sendiri. Bahkan Anda juga bisa menerima custom order dari pelanggan.
Selain bisnis souvenir, bisnis lain yang juga dapat digeluti dengan mesin grafir adalah bisnis jasa laser engrave.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Bisnis Mesin Grafir?

Sebelum mulai menjalankan sebuah bisnis, pastikan selalu untuk memperhatikan beberapa hal. Dalam bisnis mesin grafir sendiri, beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah mesin grafir, bisnis yang akan digeluti, listrik, ruang produksi, bahan baku dan sumber daya manusia.
Semua unsur tersebut harus saling mendukung satu sama lain. Misalnya saja kaitan antara mesin grafir dan listrik. Tanpa listrik yang stabil, proses bisnis tentu tidak akan berjalan dengan baik. Kondisi seperti ini juga bisa merusak mesin grafir yang telah dibeli dengan dana yang tentu saja tidak sedikit.

Harga Mesin Grafir di lapakrazi.com

Mesin grafir yang tersedia di pasaran umumnya memasang harga “CALL” yang berarti baru dapat diketahui setelah Anda menghubungi pihak penjual. Namun untuk beberapa tipe mesin, memang ada yang sudah dipasang harga tetap.
Jika diurutkan dari harga yang paling murah, maka list mesin grafir bisa dimulai dari mesin grafir KR530. Harga mesin ini sangat murah untuk ukuran mesin produksi yakni berkisar Rp 53 juta. Namun untuk saat ini, produk tersebut masih belum ready di lapakrazi.com.
Mesin grafir berikutnya yang juga tidak kalah murah adalah GCC C180II. Produk yang satu ini dibanderol dengan harga di kisaran Rp 84 juta. Mesin ini adalah varian mesin grafir paling murah di lapakrazi.com.
Sedangkan untuk varian lain yang juga tersedia di lapak kami, yakni GCC spirit, mesin ini dibanderol dengan harga Rp 160 juta.

Lapakrazi.com Pusat Jual Mesin Grafir Murah

Setiap mesin yang ada di lapakrazi.com memiliki kualitas yang sangat baik. Harga mesin grafir kami juga sangat kompetitif dengan layanan purna jual yang sangat baik. Mesin grafir paling murah yang saat ini tersedia di lapak kami adalah mesin grafir produksi GCC, yakni GCC C180II.
Kami ada untuk menjawab kebutuhan bisnis Anda. Kami selalu berkomitmen untuk memberikan produk terbaik untuk menunjang bisnis Anda.

Penutup

Itu tadi beberapa jenis mesin laser grafir yang dapat ditemukan di lapakrazi.com. Untuk saat ini, total mesin grafir yang kami miliki memang baru 2 jenis saja. Namun tidak menutup kemungkinan di waktu yang akan datang akan ada produk-produk mesin grafir lain yang terpampang di toko kami.
Anda bisa memperoleh lebih banyak informasi ataupun memesan mesin grafir melalui kontak person kami. Tidak usah sungkan, Anda selalu bisa mengandalkan customer service kami.
Terimakasih dan kami tunggu kunjungan Anda ke lapak kami

No comments:

Post a Comment