10/10/17

Mesin Digital Printing, Solusi Bisnis Percetakan Anda






Saat ini Anda sedang mengunjungi salah satu halaman website kami yang khusus mengupas tentang mesin digital printing. Segala hal tentang mesin tersebut mulai dari pengertian, fungsi, jenis bahan yang bisa dijadikan media cetak, jenis dan tipe mesin digital printing beserta kelebihan dari setiap mesin digital printing, akan kami kupas secara tuntas dalam artikel ini.
Panduan untuk menemukan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki juga akan kami sampaikan dalam artikel ini. Setelah Anda memahami seluk beluk tentang mesin ini, Anda bisa melihat koleksi lengkap beserta deskripsi dan spesifikasi mesin di lapakrazi.com melalui link mesin digital printing.

Apa itu Mesin Digital Printing?

Mesin digital printing adalah mesin yang digunakan untuk mencetak gambar ataupun tulisan ke atas permukaan kain, spanduk atau bahan-bahan lain yang memiliki tekstur serupa.
Mesin ini memungkinkan Anda memproduksi gambar ataupun teks langsung ke media cetak tanpa harus melalui proses plat atau film. Berkat mesin ini, proses reproduksi gambar ke atas media cetak dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Bahan-Bahan yang Biasa Digunakan sebagai Media Mesin Digital Printing

Mesin digital printing dapat digunakan untuk mencetak gambar atau teks ke beberapa media gambar baik yang bertekstur lembut maupun kaku. Bahkan mesin ini juga dapat digunakan untuk mencetak gambar di media setebal 100 mm.
Umumnya, bahan yang biasa digunakan sebagai media gambar mesin digital printing adalah kertas dan kain. Namun untuk beberapa jenis mesin digital printing, mesin-mesin tersebut juga mampu mencetak gambar dan teks ke atas media-media lain seperti keramik, kaca, kayu, bahan untuk membuat jok motor, tas ataupun bahan lainnya.
Karena kemampuannya itu, mesin digital printing sangat cocok untuk keperluan bisnis percetakan, merchandise ataupun advertisement. Inilah yang membuat mesin ini menjadi alat wajib bagi para pelaku bisnis digital printing.
Beberapa bahan lain yang bisa dicetak dengan mesin digital printing antara lain Flexi China, Flexi Korea, Flexi Jerman, Albatros, Luster, Glossy Paper, Sticker Ritrama, Sticker Transparan, Canvas, Sticker Oneway, Vinyl, Kulit Iminatasi, Wallpapeer, dan bahan lainnya.

Jenis-Jenis Mesin Digital Printing

Sejak 10 tahun yang lalu, mesin digital printing telah masuk ke pasar Indonesia dan mengubah model bisnis percetakan di negeri ini. Secara umum, mesin ini dapat diklasifikasikan berdasarkan aplikasi dan ketahanan cetaknya.
Beberapa kategori mesin digital printing yang ada di pasaran diantaranya adalah mesin indoor dan mesin outdoor. Kategori lain yang juga ada di pasaran adalah mesin digital printing semi indoor outdoorphotographic, textile dan UV printer.
Sesuai dengan namanya, mesin indoor digunakan untuk keperluan indoor printing seperti banner dan xbanner. Karenanya hasil cetak mesin ini cenderung tidak tahan dengan kondisi outdoor. Untuk keperluan outdoor printing, mesin digital printing outdoor adalah jawabannya.
Hasil cetak mesin ini terkenal tangguh dan mampu bertahan di terik matahari ataupun hujan. Meski demikian, saat ini ada banyak mesin digital printing yang sudah mendukung indoor printing sekaligus outdoor printing.
Selain dikelompokkan berdasarkan spesialisasinya, mesin digital printing juga dapat diklasifikasikan berdasarkan merk. Berikut ini beberapa merk mesin digital printing yang tersedia di asdzuliprint.blogspot.co.id.
Baik, mari kita bahan mesin digital printing sesuai brand satu per satu.
Lihat juga: rekan kami yang menjual mesin cutting sticker dari bengkelprint.co.id 🙂

Mesin Digital Printing Xuli

XULI sengaja kami bahas lebih dulu di artikel ini.  Percaya atau tidak, saat ini XULI adalah salah satu produk mesin digital printing bestseller kami.
Xuli adalah brand mesin digital printing asal China. Saat mendengar nama China, beberapa orang mungkin akan menilai kalau mesin ini sama kurang berkualitasnya seperti produk-produk China pada umumnya. Tapi Anda jangan underestimate terlebih dahulu. Mesin digital printing China tidak bisa disamakan dengan produk consumer made in China yang telah Anda kenal.
Setidaknya hal ini yang berhasil dibuktikan oleh mesin digital printing Xuli. Lapakarazi.com memiliki beberapa mesin digital printing merk Xuli dan berikut ini beberapa diantaranya.

Mesin Digital Printing Xuli X6-1880

Xuli X6-1880 adalah mesin digital printing murah asal China yang memiliki lebar print sebesar 1,8 meter. Meski hadir sebagai merk China, printer ini telah menggunakan print head Epson yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.
Lapakrazi.com menjual mesin digital printing ini dengan harga Rp 115 juta. Karena harganya yang cukup murah, printer ini menjadi mesin digital printing yang paling banyak dicari oleh para pelaku usaha.
Kelebihan dari mesin digital printing ini diantaranya:
  1. Hasil cetak cukup baik
  2. Bidang print yang lebar (1,8 meter)
  3. Menggunakan tipe head single Epson DX5
  4. Mendukung banyak media cetak (film, kanvas, kertas spanduk, vinyl, kulit imitasi, dll)
  5. Cocok untuk indoor maupun outdoor printing
  6. Harga cukup terjangkau

Mesin Digital Printing Xuli UV X6-1880

Mesin digital printing xuli x6 2000
Xuli UV X6-1880 adalah varian yang mirip dnegan Xuli X6-1880, namun tinta yang digunakan berbeda. Seperti namanya, tinta pada Xuli UV X6-1880 menggunakan tinta UV. Harga tintanya juga jauh lebih mahal, namun kualitasnya tentu juga meningkat.
Kelebihan dari mesin digital printing Xuli UV X6-1880 antara lain:
  1. Kualitas hasil cetak sangat baik dengan resolusi yang tinggi karena menggunakan tinta UV.
  2. Bidang print yang lebar (1,8 meter) dengan panjang tak terbatas
  3. Menggunakan tipe singel head merk Epson DX5
  4. Cocok untuk indoor maupun outdoor printing
  5. Harga cukup terjangkau. Hanya Rp. 185 Juta. Silakan Anda bandingkan dengan digital printer large format tinta UV merk lain.

Mesin Digital Printing Xuli X6-2000

mesin digital printing xuli x6-2000
Xuli X6-2000 adalah varian di atas Xuli X6-1880 yang tentu saja memiliki performa yang jauh lebih baik, khususnya dalam hal kecepatan cetak, lebar area cetak dan kualitas hasil cetakan.
Kelebihan dari mesin digital printing Xuli X6-2000 antara lain:
  1. Kualitas hasil cetak sangat baik dengan resolusi yang tinggi
  2. Mampu mencetak dengan lebih cepat dibandingkan dengan Xuli X6-1880
  3. Bidang print yang lebar (1,8 meter) dengan panjang tak terbatas
  4. Menggunakan tipe head double Epson. Ada dua buah head merk Epson DX5
  5. Cocok untuk indoor maupun outdoor printing
  6. Harga cukup terjangkau. Hanya Rp. 155 Juta. Untuk mesin doubl head dengan Epson DX5, ini sudah cukup murah.

Mesin Digital Printing Xuli UV X6-2000

Mesin Digital Printing Xuli 1880

Xuli UV X6-2000 adalah mesin digital printing murah asal China yang memiliki lebar print sebesar 1,8 meter. Meski hadir sebagai merk China, printer ini telah menggunakan print head Epson yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Apalagi jumlah print headnya ada dua buah. Makin joss tuh hasilnya! 😀
Lapakrazi.com menjual mesin digital printing Xuli UV X6-2000 dengan harga Rp 260 juta. Tunggu dulu, jangan langsung mengkerut dengan harga. Coba diingat-ingat, print headnya double lho. Kemudian, tintanya juga UV lho. Bukan mesin abal-abal. Masih keliatan mahal? :p
Kelebihan dari mesin digital printing ini diantaranya:
  1. Hasil cetak cukup baik
  2. Bidang print yang lebar (1,8 meter)
  3. Menggunakan tipe head double Epson DX5
  4. Mendukung banyak media cetak (film, kanvas, kertas spanduk, vinyl, kulit imitasi, akrilik, dll)
  5. Cocok untuk indoor maupun outdoor printing
  6. Harga cukup terjangkau untuk mesin double head print dengan tinta UV.

Mesin Digital Printing HP

Produk asal Amerika memang telah lama dikenal akan kualitasnya. Salah satu brand Amerika yang kerap dijadikan pilihan oleh para pelaku usaha digital printing adalah HP. Mungkin Anda juga sudah sangat familiar dengan produk printer dari brand ini.
HP telah lama dikenal sebagai salah satu produsen printer ternama di dunia. Reputasi mesin digital printing besutan HP juga sudah tidak diragukan lagi.
Di Indonesia sendiri, mesin besutan HP sangat populer. Banyak pelaku usaha digital printing yang memilih brand yang satu ini untuk keperluan bisnis mereka. Selain karena nama besar yang dimiliki, layanan purna jual mesin digital printing HP juga cukup bagus.
Service center HP juga mudah ditemukan, terlebih di kota-kota besar. Berikut ini beberapa mesin digital printing HP yang tersedia di asdzuli.blogspot.co.id.

Mesin Digital Printing HP Designjet T2300 EMFP

HP Designjet T2300 EMFP adalah mesin digital printing berbasis web. Demi meningkatkan produktivitas Anda, fitur-fitur canggih juga sudah ditambahkan ke dalam printer ini. Salah satu fitur yang cukup menarik dari printer ini adalah fitur scanner.
Kelebihan mesin digital printing HP Designjet T2300 EMFP antara lain:
  1. Hasil cetak yang sangat baik dan mampu mencetak dengan kecepatan yang cukup tinggi
  2. Resolusi cetak gambar yang cukup tinggi
  3. Telah dilengkapi dengan fitur scan
  4. Desain produk yang modern dan menarik

Mesin Digital Printing HP Indigo 10000 Digital Press

Untuk industri percetakan, HP Indigo 10000 Digital Press bisa menjadi pilihan yang cocok. Kecepatan cetak printer ini juga sangat tinggi. Bahkan printer ini mampu mencetak 6900 lembar kertas berukuran B2 hanya dalam waktu 1 jam. Hal ini tentu akan berdampak pada produktivitas dan kecepatan Anda dalam memproses setiap order.
Selain dapat dimanfaatkan untuk mencetak gambar, mesin ini juga dapat digunakan untuk mereproduksi gambar layaknya mesin fotocopy.
Kelebihan mesin digital printing HP Indigo 10000 Digital Press antara lain:
  1. Hasil cetak yang sangat baik dan mampu mencetak dengan kecepatan yang sangat tinggi
  2. Resolusi cetak gambar yang cukup tinggi
  3. Mampu mencetak di atas media gambar yang cukup tebal dan mendukung kertas ukuran besar (750 x 530 mm)
  4. Desain produk yang modern dan menarik
Sebagai mesin digital printing profesional, ukuran mesin ini memang cukup besar. Namun semua itu sesuai dengan performa dan fitur yang ditawarkan.

Mesin Digital Printing Mimaki

Mimaki adalah brand asal Jepang yang sudah tidak perlu diragukan lagi reputasinya. Mesin digital printing dari pabrikan yang satu ini juga terkenal akan kualitasnya. Karena reputasi serta kualitas produknya yang baik, banyak pengusaha digital printing yang memilih mesin besutan Mimaki.
Jika Anda sudah pernah menggunakan produk besutan Mimaki, tentu Anda tahu seberapa handalnya produk-produk mereka. Ini juga termasuk mesin digital printingnya. Lapakarazi.com memiliki beberapa mesin digital printing murah merk Mimaki. Berikut ini beberapa diantaranya.

Mesin Digital Printing Mimaki JV33-130

Selain memiliki kualitas yang sangat baik, mesin digital printing Mimaki juga terkenal akan harganya yang cukup terjangkau. Mimaki JV33-130adalah salah satu contohnya. Mesin ini memiliki performa yang cukup baik dan mampu mencetak dengan kecepatan yang cukup tinggi.
Kelebihan dari mesin digital printing Mimaki Jv33-130 diantaranya:
  1. Hasil cetak yang sangat baik dan detail
  2. Mampu mencetak dengan kecepatan yang tinggi
  3. Harga yang relatif lebih terjangkau, terlebih dibandingkan dengan mesin digital printing Roland

Mesin Digital Printing Mimaki JV5-160S

Mimaki JV5-160S merupakan mesin digital printing solvent inkjet printer generasi terbaru dari Mimaki. Banyak peningkatan pada printeryang satu ini seperti kecepatan cetak dan kualitas hasil cetakannya.
Selain itu, printer ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk menunjang produktivitasnya. Printer ini sangat cocok untuk mencetak foto dan aplikasi short distance.
Kelebihan dari mesin digital printing ini diantaranya:
  1. Hasil cetak yang baik dan detail
  2. Mampu mencetak dengan sangat cepat
  3. Telah dilengkapi dengan cartridge ganda otomatis

Mesin Digital Printing Mutoh

Mutoh adalah salah satu produsen mesin digital printing asal Amerika. Sebagai produsen mesin produksi, produk-produk Mutoh memang telah dikenal akan kualitasnya.
Koleksi mesin digital printing dari Mutoh juga cukup beragam mulai dari printer yang memang dirancang khusus untuk bidang arsitektur hingga printer khusus untuk mencetak banner, spanduk, indoor signate, outdoor signate dan beberapa media cetak serupa. Berikut ini beberapa mesin digital printing Mutoh yang tersedia di lapakarazi.com.

Mesin Digital Printing Mutoh RJ-900X

Mutoh RJ-900X adalah mesin digital printing yang memang dirancang khusus untuk bidang arsitektur. Untuk itu, printer ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja sebagai seorang arsitek.
Printer besutan Mutoh yang satu ini juga mampu mencetak desain arsitek dan gambar CAD dengan cukup cepat dan dengan hasil yang sangat presisi. Berkat fitur wave printing yang terdapat pada printer ini, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah tinta bleeding lagi.
Kelebihan dari mesin digital printing ini diantaranya:
  1. Mampu mencetak desain arsitek dengan hasil yang sangat baik dan detail
  2. Bebas dari masalah tinta bleeding
  3. Mampu mencetak dengan resolusi tinggi (2880 ppi)
Lapakrazi.com jual mesin digital printing ini dengan harga yang sangat menarik. Anda bisa mengunjungi lapak kami untuk memperoleh informasi lebih lengkap.

Mesin Digital Printing Mutoh VJ-1624

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis percetakan ataupun digital printing, Mutoh VJ-1624 bisa menjadi pilihan yang tepat. Kecepatan dan kualitas adalah keunggulan dari mesin digital printing yang satu ini. Kualitas cetaknya juga sangat jernih dengan detail yang cukup mengagumkan.
Kelebihan dari mesin digital printing Mutoh VJ-1624 diantaranya:
  1. Hasil cetak cukup baik dan mampu mencetak dengan hasil yang jernih dan detail
  2. Area cetak yang lebar (63,6 inchi)
  3. Desain yang cukup kokoh
  4. Telah didukung oleh aplikasi monitoring yang memungkinkan pengguna untuk memantau kinerja printer melalui smartphone

Mesin Digital Printing Roland

Roland adalah salah satu brand kenamaan asal Jepang. Bisa dibilang, ini adalah brand premium untuk mesin percetakan premium. Karena itulah mesin produksi Roland selalu menjadi pilihan ideal untuk urusan digital printing. Di lapakarazi.com, kami hanya memiliki satu mesin digital printing Roland. Berikut ini pemaparan singkatnya.

Mesin Digital Printing Roland RA 640

Mesin digital printing Roland RA 640 adalah salah satu printer besutan Roland yang cukup populer di pasar Indonesia. Beberapa pengusaha yang telah loyal dengan brand ini umumnya lebih memilih printerRoland dibandingkan merk-merk lain.
Kualitas mesin digital printing Roland sudah tidak perlu diragukan lagi dan sangat cocok untuk mencetak spanduk, banner, baliho maupun sticker berukuran besar.
Kelebihan dari mesin digital printing ini diantaranya:
  1. Hasil cetakan jernih dan sangat detail
  2. Bidang print yang lebar (63,6 inchi/1.6 meter) dengan panjang bidang yang tak terhingga

Cara Menggunakan Mesin Digital Printing

Baik tidaknya hasil cetak serta lamanya masa pakai mesin digital printing juga sangat dipengaruhi cara Anda dalam menggunakannya. Sebelum memulai proses mencetak, pastikan untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Pastikan juga apakah mesin digital printing telah terhubung dengan sumber tegangan listrik dan terhubung dengan perangkat komputer.
Setelah semua persiapan selesai dilakukan, Anda bisa mulai menyalakan mesin dan mulai mencetak.
Menggunakan mesin digital printing hendaknya dilakukan sesuai dengan buku petunjuk. Jangan sekali-kali menggunakannya diluar itu, terlebih untuk mesin-mesin pabrikan China. Jika Anda menggunakannya secara sembarangan, bukan tidak mungkin mesin akan lebih cepat rusak. Bahkan mesin produksi Jepang pun akan cepat rusak jika diperlakukan demikian.

Tips Merawat Mesin Digital Printing

Mesin digital printing adalah investasi jangka panjang dan alat produksi yang akan memberikan keuntungan secara terus-menerus. Namun produktivitas mesin juga sangat bergantung pada seberapa lama mesin tersebut dapat beroperasi dan mencetak pundi-pundi uang.
Semakin lama mesin tersebut dapat beroperasi, semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda peroleh. Karena itulah sangat penting untuk menjaganya agar tetap beroperasi dengan baik.
Merawat mesin digital printing sebenarnya tidak begitu sulit. Perawatan yang paling mendasar adalah perawatan kebersihan. Bersihkan mesin secara rutin dan jaga agar mesin mendapatkan tegangan lisrik yang sesuai.
Untuk itu, ada baiknya memasang stabilizer dan UPS untuk menjaga mesin digital printing dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tegangan listrik yang kurang stabil dan mati listrik mendadak.
Mesin digital printing sebaiknya digunakan secara rutin. Jadi jangan sampai mesin ini berhenti digunakan untuk waktu yang cukup lama, terlebih mencapai 1 bulan. Nantinya hal tersebut justru akan membuat tinta mengering dan membuat cartridge gagal mencetak gambar.

Cara Kerja Mesin Digital Printing

Mesin digital printing sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari mesin cetak tradisional. Secara umum, cara kerja mesin ini mirip seperti printer desktop. Hanya saja printer ini mampu mencetak pada beragam media cetak dan dengan ukuran yang cukup besar bahkan mencapai ukuran 2 meter.
Printer akan menerima desain yang dikirim oleh komputer. Desain ini kemudian akan diproses oleh printer dan mulai dicetak. Dalam proses pencetakan, head printer akan bergerak dan menyemprotkan tinta sesuai dengan data yang dikirim oleh komputer sebelumnya. Hal ini sama seperti pada printer desktop.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Mesin Digital Printing

Memilih mesin digital printing sama seperti memilih produk investasi jangka panjang. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum menentukan pilihan.
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah model bisnis digital printing yang akan digeluti. Dari sisi ini, Anda bisa memperhatikan apa saja yang ditawarkan oleh kompetitor dan cari tahu kekurangannya. Berangkat dari sini, Anda bisa menemukan parameter apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menemukan printer yang mampu menjawab tantangan tersebut.
Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam memilih mesin digital printing adalah budget atau dana yang dimiliki. Jika Anda memiliki keterbatasan dana, Anda bisa memilih mesin digital printing murah seperti Xuli X6-1880.
Pertimbangkan kredibilitas agen penjual mesin digital printing. Pastikan agen tersebut memiliki koleksi produk yang cukup lengkap termasuk spare partnya. Layanan purna jual yang baik juga menjadi pertimbangan yang sangat fundamental.
Lapakrazi.com selalu berkomitmen untuk memberikan mesin digital printing berkualitas dengan layanan purna jual yang prima.

Peluang Usaha dari Mesin Digital Printing

Bisnis yang paling banyak digeluti dengan memanfaatkan mesin digital printing adalah bisnis percetakan atau bisnis digital printing. Saat ini bisnis ini memang telah menjamur di Indonesia, terlebih lagi di kota-kota besar. Meski demikian, kebutuhan masyarakat akan layanan digital printing yang handal masih terus tumbuh. Karena itulah peluang bisnis ini masih terbuka lebar.
Selain bisnis digital printing, bisnis lain yang juga dapat digeluti dengan mesin digital printing adalah bisnis merchandise dan sablon kaos. Anda juga bisa menggeluti bisnis sablon helm dengan menggunakan mesin digital printing.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menjalankan Bisnis dengan Mesin Digital Printing

Sebelum mulai menjalankan bisnis dengan mesin digital printing, hendaknya Anda memperhatikan beberapa hal. Hal pertama dan yang paling fundamental adalah mesin digital printing itu sendiri. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.
Jika Anda sangat peduli dengan kualitas hasil cetak dan menginginkan kinerja yang cepat, ada baiknya Anda mempertimbangkan printer yang memang sudah diakui kualitasnya. Mesin digital printing dari Roland, Mimaki dan HP adalah kandidat terbaik untuk memenuhi kebutuhan ini.
Namun jika Anda memiliki keterbatasan dana, Anda bisa mempertimbangkan mesin digital printing asal negeri tirai bambu seperti Xuli.
Hal lain yang tidak boleh luput dari perhatian adalah listrik. Pastikan daya listrik tempat usaha Anda mencukupi. Untuk menjaga performa mesin, sebaiknya lengkapi mesin produksi dengan stabilizer, UPS dan grounding yang bagus.
Komputer kerja juga harus memenuhi spesifikasi minimum desain grafis. Hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah ruang produksi, bahan baku dan sumber daya manusia.

Penutup

Itu tadi beberapa jenis mesin digital printing yang tersedia di lapakrazi.com. Secara total, ada 14 jenis mesin digital printing yang bisa Anda pilih. Setiap mesin memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk itu, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
Di sini kami hanya menawarkan produk-produk berkualitas. Karena itu Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas produk yang kami tawarkan. Kami juga menyediakan layanan purna jual yang baik. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap dan harga mesin digital printing, Anda bisa mengunjungi lapak kami.
Anda juga bisa melakukan pemesanan, jangan ragu untuk menghubungi customer service kami
Terimakasih dan kami tunggu kunjungan Anda ke lapak kami

1 comment:

  1. pengertian digital printing adalah proses pencetakan gambar/citra digital ke permukaan material atau media fisik. Umumnya proses ini di gunakan untuk pekerjaan pencetakan dengan volume atau jumlah terbatas. Dapat juga digunakan jika kita menginginkan personalisasi pada gambar yang dicetak atau customize. Personalisasi ini kita kenal dengan istilah “Variable Data Printing”.
    Jasa Penulis Artikel SEO jasa percetakan sampul raport K13 percetakan lamongan pengertian percetakan

    ReplyDelete